Menakjubkan !!! ini sensasi perdana Gw merasakan nasionalisme yang begitu kental dari sebuah event olahraga…

Yup… buat orang yang lama kenal, Gw cowo yang ga pernah asing dengan nuansa nonton di stadion,  apalagi aktivitas ini rutin Gw laluin sejak kecil sambil bermain di sekitaran stadion Benteng Tangerang… hobby nya kala itu, ikut mengantri tuk memasuki stadion, walau tak mampu membeli tiket masuk (hasilnya, kadang sukses masuk, kadang di usir aparat)… saking harapannya yang begitu besar tuk menyaksikan sebuah petandingan dari tim pujaannya PERSITA TANGERANG.

Persita Dari Hati

PERSITA TANGERANG

Di Sudut ini biasa ku menyaksikan pertandingan

Stadion Benteng Tangerang - Di Sudut ini biasa ku menyaksikan pertandingan -

Sejak belasan tahun… Gw sudah sangat mengenal lingkungan stadion bernuansa ungu tersebut…  dari mulai lokasi penjualan tiket, tempat calo ngumpul, obrolan pedagang, iuran preman buat parkir dan pedagang, tempat pacaran anak SMA, tempat ngumpetnya anak STM yang abis ribut dengan sekolah sebelah, pintu rahasia buat ngintip nonton sampai, jalan semak menuju rumah… terlebih lagi Gw dulu punya beragam cara  demi menyaksikan kebanggaan Tangerang ini berlaga, tercatat hingga ku mulai dewasa beberapa kenangan tersimpan dengan apik dalam pikiran, dari mulai di gendong petugas tuk masuk ke dalam, tersabet rotan karena mendobrak masuk, hampir tersambar petir karena bergelayutan di tiang tinggi stadion, Hingga mencicipi rumput hijau stadion kala masih gemar berlatih. Yup itulah gambaran musim yang lalu-lalu kala ku masih berseragam Sekolah…

Memasuki jenjang perkuliahan, kesempatan tuk menonton dan merasakan atmosfir laga di stadion, benar2 hilang… hanya tercatat beberapa kali gw hadir di stadion benteng, hanya tuk melihat sesi latihan pemain persita, namun bukan di pertandingan resmi.

Cari apa si Joe ??

Banyak hal yang ga gw temukan di kehidupan nyata, khususnya kebebasan berekspresi dan meledak. mencari pelarian yang positif. Bayangkan… suasana berada dalam sebuah pertandingan khususnya di lingkungan stadion, bergemuruh, bernyanyi, melompat dan berteriak… benar2 sebuah nuansa lain dalam hidup gw, sebelum tentunya kembali ke dunia nyata kala itu… tapi ya gw ga akan curhat mengenai hidup gw kala itu, di postingan ini, jadi kita obrolin yang fun fun ajah sekarang !!!…

Tapi… dulu, dengan lingkup yang lokal, nuansa itu sungguh memikat hati gw tuk  addicted dengan live soccer, bahkan sama sekali gw ga terpikir tuk mencicipi atmosfir yang bernuansa NASIONAL, kendala utama tentunya jarak, dan yang kedua gw juga ga pernah tau dan nonton Tim Nasional karena keterbatasan keuangan.

Empat tahun ku berada di kota Jakarta… berarti genap 6 tahun gw ga pernah merasakan nuansa Stadion lagi… Kangen banget bisa bersorak dan bergembira lepas dalam sebuah keramaian, dan menyaksikan pertandingan yang menguras emosi dan fanatisme… tapi kapan ?? berharap PERSITA masuk final lagi, itupun kalo ga sial pertandingannya di buang ke luar kota… Semakin dewasa… semakin banyak ku menemukan informasi dan suguhan tontonan sepakbola bertaraf Nasional… yang akhirnya menimbulkan keinginan, “suatu saat gw akan melihat secara langsung Tim Nasional bermain?” -entah bagaimana sensasinya dibanding dengan lokal tempat ku beranjak besar-

Malam itu, sebuah iklan televisi menantang adrenalin ku…

SAKSIKAN SIARAN LANGSUNG

PERTANDINGAN PRA PIALA ASIA 2011

ANTARA

INDONESIA VS AUSTRALIA

*Gw sempat terhenyak sesaat*

*mulai bertanya kepada istri*

dan

“YAY” hati ku sontak bersorak, istri mengizinkan ku tuk menyaksikan pertandingan tersebut… DIMANA ?? hmmm… *tersenyum-senyum riang*… GELORA BUNG KARNO Senayan… *HURRAAYY*

kebayang donk… 6 tahun bow… selama itu gw ninggalin satu satunya hiburan gw kala masih ingusan (selain gundu dan gambaran tentunya)… u know what… INI PERDANA gw di GBK (sebagai supporter) dan NONTON TIMNAS… and at that momment, i just can wait for 28 January 2009… bahkan dari pagi, gw dah bener-bener prepare mental gw tuk momen excited inih…

JUST can’t wait to sing… “GARUDA di DADA kuw, GARUDA kebanggaan kuw, Ku Yakin HARI INI, Pasti Menang!!” -despite the result, buat I Love to SIng Those Words… sama gejolaknya kala gw memimpin Cori Juventini dan berteriak “Vinci Per Noi, Magica JUVENTUS”

The Day Comes…

GELORA BUNG KARNO - Senayan, Jakarta -

GELORA BUNG KARNO - Senayan, Jakarta -

Gw.. dengan atribut seadanya… melenggang masuk ke area komplek Senayan… seluruh atmosfir pertandingan terserap ke dalam badan ini… entah orang bilang Nasionalisme, tapi bagi gw sensasi menonton langsungnya yang sangat gw rasakan… gw melihat banyak wajah di area, dari mulai wajah para pendukung fanatik, hingga ke wajah manis yang ga gw sangka banyak menghiasi lingkungan stadion lengkap dengan atribut merah putih kebanggaan bangsa…

Memasuki tiap-tiap gerbang stadion memberikan nuansa indah dalam hidup gw… n now at this moment Nasionalisme dan Fanatisme gw mulai naik… kala gw berteriak dengan sangat keras “INDONESIA” sembari menepukan tangan ke udara…

satu fanatisme

SUPPORTER INDONESIA -satu fanatisme merahkan GBK-

Merinding gw di buatnya… bayangkan saja, isi satu tribun GBK, bisa mencakup hampir setengah kapasitas stadion Benteng… pencahayaan terlihat sangat apik… membuat semua kerinduan berada dalam sebuah stadion bersama-sama dengan satu bendera, begitu terobati… Thx God… Makasih cinta buat izin nya…

satu moment yang paling berharga adalah, kala dinyanyikannya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kebayang, + 40.000 penonton yang memadati stadion menyanyikan lagu kebangsaan bersama-sama, kondisi itu aja dah membuat gw sangat-sangat terharu dan mata terasa basah, entah bagaimana suasananya kala GBK penuh di Piala Asia kemarin ??? *bangga*

Gw ga akan membahas mengenai jalannya pertandingan… Tapi yang pasti, permainan korps Tim Merah Putih berlambang Garuda… sangat menuai decak kagum, bahkan dari mulut seorang warga asing yang turut menyaksikan pertandingan di samping saya… Bravo Indonesia…

berikut keceriaan dalam stadion yang terekam di kamera…

Perdana di GBK

Perdana di GBK

With Juventinians
JJ n Array

With Juventinians

Phew… malam ini di tutup dengan kebanggan Tim Merah Putih tampil dominan atas Tim Kangguru (Australia)… dan tentunya macet tuk keluar komplek Senayan…

Tiba di rumah… bertemu dengan keluarga… dan Hati Bahagia…

So.. Next Target

Pastinya… As a Juventini… Kota Turin, kandang Juve di Italia… kan menjadi target stadion selanjutnya… Forza Juventus… Amin !!

New Juventus Arena

C.. Ya…