Hari-hari belakangan ini daku sering sekali bertanya pada diri sendiri… pantas ga segh, orang/manusia bersikap sombong, takabbur, dan juga besar kepala ??? Pertanyaan ini selalu aja ada… selain untuk materi mengevaluasi diri sendiri, hal yang tersirat kalimat tanya tersebut juga sebagai curhatan lokal dalam pikiran sayah… jadi dah siap dengar curhatan eike lagi ???

Jujur… ga habis pikir gw melihat fenomena membanggakan diri sendiri dengan berlebihan dengan memandang rendah pihak lain… Bahkan daku sering berjumpa dengan fenomena tersebut, menjangkit mulai dalam jajaran Ring 1 (satu) kehidupan aye… Seperti di lingkungan Keluarga/Kerabat, Lingkungan Kerja, Pergaulan, Jalan Raya, Hingga padatnya suasana Lift di pagi dan sore hari… Pokoke banyak sekali dijumpai pada tempat2 lain yang dihuni dengan manusia… hehehe… Beda dunk sama makhluk ciptaan Khalik yang lain, contoh seekor kambing yang ga mungkin sombong, karena takut di cela “dasar manusia luh !!!”… hehehe ASAL !!!

Entah apakah ini adalah gambaran makro, atas sifat warga kota metropolis Jakarta… atau fenomena yang lagi trend dikategorikan sebagai “pergeseran nilai moral dan kebersamaan dalam masayarakat”… image masyarakat Indonesia yang ramah dan esensi manusia sebagai makhluk sosial yang mulai tergerus jaman

…Wew…

Nampaknya sekali lagi gw akan “beridealis ria” mencoba mengemas sebuah kritik sosial, dengan tentunya menempatkan diri seakan2 berperan sebagai pengamat masyarakat yang bertitel “tanpa cela”… hahaha… ga lah !! ane Blum mampu jadi kaya nyang begituan… But yang pasti… saya pun menjadi korban, berjangkitnya sistem penyakit hati manusia ini, menyedihkan karena makin akut dan mulai menginjak tahap stadium akhir… *tatut*… sedihnya, hati gw sendiri dah mulai terjangkit… (lihat frame pada judul)

Kalo mau berbicara reliji… Dah Jelas banget bahwa seluruh kebaikan pada diri manusia, semata-mata hanyalah berkat kemurahan Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa !! Hanya Allah Maha Perkasa yang tetap kekal dan hidup abadi selama-lamanya. Lalu apa yang membuat manusia pantas untuk merasa sombong? atau apakah manusia dah mulai rupa peran dan posisinya di muka bumi… (buat referensi, dalam islam bisa baca Surah: Al Israa’:37 dan Luqman:18 ) atau coba menilik Sunah Rasulullah SAW pun bersabda: Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan sesama manusia. (HR Muslim).

*Tuiiinnnkkk*

Sontak, Otak Kuw (wah ternyata masih ada)… jadi semakin sadar, kalau tuk bersikap tindak kita pun, dah ada landasan yang amat Jelas… jadi selama ini Daku dan mereka Para Pelaku, pada kemane aje !!! lupa kah Kami dengan kodrat sebagai manusia, yang diutus sebagai Khalifah di muka Bumi ini… Apa mungkin Kami terlena dengan banyaknya keberuntungan dan Rizki, hingga merasa paling hebat, paling kaya, paling cantik, paling pintar, paling dekat, dan banyak lainnya… (mudah-mudahan bukan sombong karena habit)… AMIN !!!

Gw asumsikan objek tulisan ini mengalami kondisi dan lingkungan yang penuh dengan keberuntungan sebagaimana kalimat “kira-kira” dan “kemungkinan” yang tersebut pada kalimat akhir paragraf sebelumnya di atas, …ugh… lucunya, secara spontan gw berkata “benar-benar Cobaan yang Indah Buat Mu kawan” *aroma iri mulai tercium ga ???*… semoga iya, jadi saya tetap dinilai konsisten dengan doktrinasi dalam Judul.

Lumrah jika beberapa pihak akan memandang wacana otak kuw ini adalah wacana penyakit hati (red: iri)… tapi gpp… karena emank gw iri, banyak kata “andai” dalam pikiran dan benak sayah… But It’s Okay… Walau mereka dah sampe ke tahap bisa sombong… dapat dipastikan saya pun sedang menuju ke arah sana (Amin semoga tercapai salah satu, kecuali masalah tampang)… Hingga nantinya saat daku berada di posisi harus memilih untuk bersikap seperti apa, Maka gw dah punya landasan tuk LANTANG BERTANYA pada diri sendiri… MAU BERSIKAP SEPERTI APA ??? mo sombong atau ……. ??? *sebentar lagi titik2 itu pasti kan ku isi*

So Mulai Sekarang… Gw coba setiap bangun tidur… langsung berkaca seraya mengevaluasi diri sendiri… sekaligus menyemangati diri sendiri tuk jadi lebih baik… Coz, Segalanya dimulai dari Diri Sendiri… Semangat !!! dan Tulisan ini kan selalu menjadi cermin dalam kehidupan ku di masa depan !!!

Ok degh itu aja dulu… Tar aye Makin Panas ajah… hehehe… *imbas ngotot kena macet sama Mobil mewah*

So Guys… mau share opini ??? *yang nyela gw edit ahh* hehehe…

Regards

JJ

About these ads